Cara Mengatasi The Activation Period Has Expired Windows 7
Apakah Anda pernah mengalami masalah dengan Windows 7 yang mengatakan bahwa masa aktivasi telah berakhir? Apakah Anda bingung bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengaktifkan kembali Windows 7 Anda.
Masa aktivasi Windows 7 adalah waktu yang diberikan oleh Microsoft untuk pengguna yang baru menginstal atau mengupgrade Windows 7 untuk mengaktifkan produk mereka secara online atau melalui telepon. Biasanya, masa aktivasi ini berlangsung selama 30 hari. Jika pengguna tidak mengaktifkan Windows 7 dalam waktu tersebut, maka Windows 7 akan menampilkan pesan bahwa masa aktivasi telah berakhir dan Windows 7 tidak asli. Selain itu, pengguna juga akan melihat layar hitam dan tidak bisa menggunakan fitur-fitur Windows 7 secara penuh.
cara mengatasi the activation period has expired windows 7
Ada beberapa alasan mengapa masa aktivasi Windows 7 bisa berakhir, antara lain:
Pengguna tidak sengaja melewatkan masa aktivasi karena lupa atau sibuk.
Pengguna membeli Windows 7 yang tidak asli atau menggunakan product key yang tidak valid atau sudah diblokir oleh Microsoft.
Pengguna mengubah hardware komputer yang signifikan sehingga menyebabkan perubahan product ID.
Pengguna mengalami masalah teknis dengan sistem operasi atau koneksi internet.
Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah ini? Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:
Cek product key dan product ID Anda. Product key adalah kode 25 karakter yang terdiri dari angka dan huruf yang digunakan untuk mengaktifkan Windows 7. Product ID adalah kode yang menunjukkan versi dan edisi Windows 7 yang Anda gunakan. Anda bisa mengecek product key dan product ID Anda dengan cara klik Start, klik kanan Computer, klik Properties, dan lihat bagian Windows Activation. Pastikan product key dan product ID Anda sesuai dengan yang tertera di stiker COA (Certificate of Authenticity) yang biasanya ada di bawah laptop atau di dalam kotak DVD Windows 7. Jika Anda menemukan perbedaan atau kesalahan, maka Anda perlu memperbaikinya dengan cara memasukkan product key yang benar atau menghubungi penjual atau Microsoft untuk mendapatkan bantuan.
Coba aktifkan Windows 7 secara online. Jika product key dan product ID Anda sudah benar, maka Anda bisa mencoba mengaktifkan Windows 7 secara online dengan cara klik Start, klik kanan Computer, klik Properties, klik link x days until activation, klik link Show me other ways to activate, pilih Activate Windows online now, masukkan product key jika diminta, dan ikuti instruksi selanjutnya. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan firewall atau antivirus tidak menghalangi proses aktivasi.
Coba aktifkan Windows 7 melalui telepon. Jika aktivasi online gagal atau tidak tersedia, maka Anda bisa mencoba aktivasi melalui telepon dengan cara klik Start, klik kanan Computer, klik Properties, klik link x days until activation, klik link Show me other ways to activate, pilih Use the automated phone system, pilih negara Anda, klik Next, hubungi nomor telepon yang tertera, berikan installation ID yang dihasilkan oleh sistem kepada operator telepon, masukkan confirmation ID yang diberikan oleh operator telepon, dan klik Next untuk menyelesaikan aktivasi.
Coba jalankan Microsoft Genuine Diagnostics Tool. Jika semua langkah di atas tidak berhasil atau Anda masih ragu apakah Windows 7 Anda asli atau tidak, maka Anda bisa menjalankan Microsoft Genuine Diagnostics Tool untuk menganalisis status keaslian Windows 7 Anda. Anda bisa mendownload tool ini dari http://go.microsoft.com/fwlink/?linkid= 0efd9a6b88
https://www.croxroad.com/group/frilufts-aktiviteter/discussion/a1545552-8aff-4ded-9ae6-b60318798209